1 / 18
Kembali ke E-Learning

PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA

Pertemuan 1: Konsep Dasar dan Ruang Lingkup

Fauzi, S.Kom., M.Eng

Pengantar Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika

Agenda Pertemuan

1
Pengenalan Mata Kuliah & Kontrak Belajar
2
Definisi Teknik Informatika
3
Perbedaan TI vs Teknik Informatika
4
Sejarah dan Evolusi
5
Ruang Lingkup & Bidang Keahlian
6
Metodologi Software Engineering
7
Prospek Karir & Industri 4.0
8
Evaluasi & Diskusi

Tujuan Pembelajaran (CPMK)

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  • Memahami definisi dan ruang lingkup Teknik Informatika
  • Mengetahui perbedaan dengan Teknologi Informasi
  • Memahami sejarah perkembangan teknologi
  • Mengenal metodologi software engineering
  • Memahami bidang keahlian dan spesialisasi

Setelah pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan karakteristik unik Teknik Informatika sebagai disiplin ilmu yang berbeda dari bidang IT lainnya

Definisi Teknik Informatika

Menurut Para Ahli:

"Teknik Informatika adalah program studi yang berfokus pada aspek teknis dan pengembangan perangkat lunak, di mana mahasiswanya mempelajari pemrograman komputer, algoritma, basis data, jaringan komputer, keamanan komputer, dan topik lain yang terkait dengan pengembangan perangkat lunak dan sistem komputer."

IDS Digital College

Aspek Teknis

Fokus pada pengembangan dan implementasi sistem

Pendekatan Teoritis

Menggabungkan teori dan praktik rekayasa

Rekayasa Sistem

Membangun solusi teknologi inovatif

Perbedaan Mendasar

TEKNIK INFORMATIKA

Aspek teknis dan teoritis
Pengembangan algoritma dan sistem
Pemrograman, algoritma, basis data
"Informatics" ala Eropa
Software Engineering

TEKNOLOGI INFORMASI

Aspek bisnis dan manajemen
Penerapan dan implementasi
Manajemen proyek, analisis bisnis
Manajemen IT dan strategi
Keamanan siber, teknologi internet

Kesimpulan: Teknik Informatika lebih fokus pada how to build (bagaimana membangun), sedangkan Teknologi Informasi lebih fokus pada how to use (bagaimana menggunakan).

Sejarah dan Evolusi Teknologi

Evolusi Komputer
1

Era Mekanik

Abacus, mesin hitung mekanik

2

Era Elektrik

Komputer tabung vakum

3

Era Digital

Transistor, IC, mikroprosesor

4

Era Modern

AI, IoT, Cloud Computing

Ruang Lingkup Teknik Informatika

Struktur Data & Algoritma

Array, Linked List, Stack, Queue, Tree, Graph, Hash Table, Algorithm Analysis & Design, Complexity Theory

Pemrograman

Object-Oriented Programming, Functional Programming, Web Development, Mobile App Development

Sistem Komputer

Computer Architecture, Operating Systems, Computer Networks, Distributed Systems

Keamanan Informasi

Cryptography, Network Security, Cyber Security, Information Assurance

Artificial Intelligence

Machine Learning, Deep Learning, Computer Vision, Natural Language Processing

Grafika & Multimedia

Computer Graphics, Game Development, Virtual Reality, Augmented Reality

Software Development Life Cycle (SDLC)

SDLC Diagram
1

Planning & Analysis

Identifikasi kebutuhan dan analisis sistem

2

System Design

Perancangan arsitektur dan interface

3

Implementation

Coding dan development

4

Testing

Quality assurance dan debugging

5

Deployment

Release dan production

6

Maintenance

Support dan enhancement

Data Structures & Algorithms

Data Structures Classification

Fundamental Concepts

Linear Data Structures

Array, Linked List, Stack, Queue

Non-Linear Data Structures

Tree, Graph, Hash Table

Algorithm Analysis

Time & Space Complexity, Big O Notation

Algorithm Design

Divide & Conquer, Dynamic Programming, Greedy

Mengapa Penting?

Data Structures dan Algorithms adalah fondasi dari semua program komputer. Pemahaman yang baik memungkinkan pengembangan software yang efisien dan scalable.

Bidang Keahlian Teknik Informatika

Mobile Development

iOS, Android, Flutter, React Native

Web Development

Frontend, Backend, Full Stack

Artificial Intelligence

ML, Deep Learning, Computer Vision

Data Science

Big Data, Analytics, Visualization

Game Development

Unity, Unreal Engine, Graphics

Cyber Security

Network Security, Penetration Testing

Cloud Computing

AWS, Azure, Google Cloud

IoT Development

Embedded Systems, Smart Devices

Prospek Karir 2024

Prospek Karir Teknik Informatika

💻 Full Stack Developer

Gaji: Rp 8-15 juta/bulan

🤖 AI/ML Engineer

Gaji: Rp 12-25 juta/bulan

📱 Mobile App Developer

Gaji: Rp 7-14 juta/bulan

🛡️ Cyber Security Specialist

Gaji: Rp 10-20 juta/bulan

📊 Data Scientist

Gaji: Rp 9-18 juta/bulan

☁️ DevOps Engineer

Gaji: Rp 11-22 juta/bulan

Outlook Industri

61% perusahaan berencana memperluas tim IT di 2024. Demand untuk lulusan Teknik Informatika terus meningkat dengan pertumbuhan 15-20% per tahun.

Teknologi Emerging 2024

Artificial Intelligence

Generative AI, Computer Vision, NLP, Autonomous Systems

Blockchain

Cryptocurrency, Smart Contracts, DeFi, NFT Development

AR/VR/MR

Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality, Metaverse

Quantum Computing

Quantum Algorithms, Cryptography, Machine Learning

Internet of Things

Smart Home, Industrial IoT, Wearables, Smart City

Edge Computing

Real-time Processing, Low Latency, Distributed Computing

Kurikulum KKNI Level 6

Kompetensi Utama

  • Penguasaan konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum
  • Kemampuan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan
  • Kemampuan memecahkan masalah dalam bidang keahliannya
  • Kemampuan beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi

Mata Kuliah Wajib

Algoritma dan Pemrograman
Struktur Data
Sistem Operasi
Jaringan Komputer
Rekayasa Perangkat Lunak
Kecerdasan Buatan

Total SKS: 144 SKS dengan distribusi 8 semester, mencakup mata kuliah wajib, pilihan, dan skripsi.

Metodologi Pembelajaran

Teori

  • • Kuliah interaktif
  • • Diskusi kelompok
  • • Studi kasus
  • • Problem-based learning

Praktik

  • • Lab programming
  • • Project development
  • • Hands-on workshop
  • • Code review session

Kolaborasi

  • • Team project
  • • Peer programming
  • • Industry collaboration
  • • Open source contribution

Learning by Doing

"Teknik Informatika mengutamakan pembelajaran praktis dengan rasio 60% praktik dan 40% teori, memastikan mahasiswa siap menghadapi tantangan industri teknologi."

Kontrak Belajar & Evaluasi

Komponen Penilaian

Kehadiran 10%
Tugas Individu 20%
Tugas Kelompok 15%
UTS 25%
UAS 30%

Aturan Perkuliahan

  • Toleransi keterlambatan: 15 menit
  • HP mode silent/vibrate
  • Berpakaian rapi dan sopan
  • Maksimal absen: 25% (4x)
  • Tugas tepat waktu

Plagiarisme dan kecurangan akademik akan mendapat sanksi tegas sesuai aturan universitas

Evaluasi & Diskusi

Pertanyaan Diskusi

1. Mengapa Teknik Informatika berbeda dari Teknologi Informasi?

2. Bidang spesialisasi mana yang paling menarik bagi Anda?

3. Bagaimana persiapan menghadapi era Industri 4.0?

4. Teknologi emerging mana yang akan dominan 5 tahun ke depan?

Tugas Pertemuan Berikutnya

📝Tugas Individu

Buat essay 500 kata tentang "Peran Teknik Informatika dalam Transformasi Digital Indonesia"

Deadline: Pertemuan 2

📚Reading Assignment

Baca Bab 2: "Sistem Komputer dan Representasi Data" dari buku Abdul Kadir

Persiapan: Pertemuan 2

Refleksi Pembelajaran

Setelah pertemuan ini, Anda telah memahami karakteristik unik Teknik Informatika sebagai disiplin ilmu. Pertemuan selanjutnya akan membahas dasar-dasar sistem komputer dan representasi data.

Referensi & Sumber Belajar

Buku Utama

Abdul Kadir & Terra Ch. Triwahyuni

Pengantar Teknologi Informasi (Edisi Revisi)

Penerbit Andi, 2013

Roger S. Pressman

Software Engineering: A Practitioner's Approach

McGraw-Hill, 2019

Sumber Online

GeeksforGeeks.org
Stack Overflow
GitHub Documentation
IEEE Computer Society
ACM Digital Library

Kontak & Konsultasi

Office Hour

Senin-Jumat, 10:00-12:00

Ruangan

Lab. Teknik Informatika

TERIMA KASIH

Pertemuan 1: Pengantar Teknik Informatika

Pertemuan Selanjutnya

Pertemuan 2: Sistem Komputer dan Representasi Data

Minggu depan, waktu yang sama

Keep Learning
Keep Coding
Keep Innovating

"The future belongs to those who learn more skills and combine them in creative ways."

- Robert Greene